SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR

JK: Enaknya Jadi Wapres, 5 Tahun Tidak Macet

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Wakil Presiden M Jusuf Kalla, menjadi pejabat tinggi negara ada suka-dukanya.

Sukanya menjadi Wapres, selama lima tahun tidak pernah merasakan macet. Mau ke kantor, tak macet. Mau bermain golf, lancar saja. Bepergian ke mana saja selalu lancar.

"Makanya saya mau tulis buku, 'lima tahun tanpa macet'," kata Wapres M Jusuf Kalla saat "berpamitan" dengan para perangkat (pengawal), Sabtu (17/10) di kediaman Jalan Diponegoro, Jakarta.

Menurut Kalla, kehidupan tanpa macet tersebut meninggalkan kesan tersendiri. Namun dukanya, sebagai pejabat negara yang selalu dikelilingi pengawal, rasanya seperti terkungkung.

"Keluarga saya di rumah ini (rumah dinas Jl Diponegoro) ada 50 orang. Padahal keluarga saya intinya hanya enam orang. Tetapi pengawal sekitar 45 orang," kata Wapres.

Dengan santai, Wapres menjelaskan bahwa di sekitar rumah dinas ada pos-pos yang selalu dijaga. Bahkan, kamar tidur di lantai dua, meski ada jendelanya, tetapi tidak boleh dibuka demi keamanan. Karena itulah terkadang merasa terkungkung.

"Bayangkan, saya mau ketemu cucu saja harus diantar 12 motor dengan puluhan orang," katanya. Namun, semua itu dinikmatinya sebagai konsekuensi dari amanah jabatan yang sedang diembannya.

"Sampai-sampai bibi saya pernah tersinggung karena ketika saya mau datang ke rumahnya, dapurnya pun diperiksa. Tapi itu biasalah," katanya sambil tertawa. Namun, tambah Wapres, semua itu harus dinikmatinya.

"Yang penting, lima tahun tanpa macet," katanya sambil tertawa.

Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono dan wakil presiden terpilih akan mengucapkan sumpah jabatan pada acara pelantikan tanggal 20 Oktober 2009 di kompleks MPR di Senayan, Jakarta. Dengan demikian, pada tanggal itu pula Jusuf Kalla akan melepaskan jabatannya secara resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar