SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR

PENDIDIKAN

UJI KEMAMPUAN: Siswa SD Ikuti Lomba 'Spelling'

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unila yang tergabung di dalam Economics English Club (EEC) menggelar scrabble dan spelling bee competitions di Gedung B Fakultas Ekonomi, Sabtu (31-10). Kegiatan ini bertujuan memopulerkan bahasa Inggris di kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi sesuatu yang penting di era informasi dan globalisasi saat ini. Seseorang harus menguasi bahasa Inggris jika ingin mendapatkan akses informasi secara luas," kata Ketua Umum EEC A. Radinal P. Sirat di sela-sela acara tersebut.

Menurut Radinal, lembaganya sejak tahun lalu telah menyelenggarakan kompetisi permainan olah kata dalam bahasa Inggris atau biasa disebut scrabbel di kalangan pelajar SMP, SMA, hingga mahasiswa. Bahkan, untuk merambah dunia anak, tahun ini panitia kegiatan turut melombakan kemampuan anak mengeja kata bahasa Inggris atau disebut perlombaan spelling bee, dengan tajuk SSC in zone 2009.

Pihaknya telah mengundang berbagai sekolah di Bandar Lampung untuk ikut berperan serta mengirimkan siswanya berkompetisi. "Dilihat dari jumlah peserta, tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Peningkatan terutama di kalangan pelajar SMA, pelajar SMP tetap, sedangkan peserta mahasiswa berkurang," kata dia.

Ketua Pelaksana Kegiatan Muhammad Reza Pratama mengatakan lomba spelling bee diikuti 19 siswa sekolah dasar dan lomba scrabble diikuti 54 grup atau 108 orang, satu grup terdiri dari dua peserta.

Reza mengatakan untuk perlombaan mengeja bahasa Inggris, pihaknya mendatangkan Miss Valery, juri dari Intensive English Course (IEC). Penilaian dilakukan berdasarkan keakuratan dan kecepatan anak melakukan pengejaan.

"Untuk spelling bee berlangsung sejak pagi hingga siang. Sedangkan lomba scrabble mengingat pesertanya cukup banyak, juara baru dapat ditentukan sore hari. Untuk semua jenis kompetisi, juara I mendapatkan hadiah uang Rp300 ribu, juara II Rp200 ribu, dan juara III Rp150 ribu, serta hadiah lainnya dari beberapa sponsor," kata dia. n MG14/S-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar