SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Data Siswa Miskin Harus Diintegrasikan Sejak SD

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta perguruan tinggi untuk membuat sistem yang baik dalam proses seleksi penerima program Bidik Misi. Menurutnya, data siswa miskin dapat diintegrasikan mulai dari jenjang sekolah dasar.

“Kuncinya di SD karena data kami intregasikan dari SD. Ketika dia menerima beasiswa di SD dan memegang nomor induk maka itu bisa digunakan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya,” kata Nuh, Selasa (27/3/2012), di Jakarta.

Seperti diberitakan, menyusul akan dihapusnya jalur ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, pemerintah menyiapkan jalur khusus bagi siswa miskin melalui program Bidik Misi. Kuota Bidik Misi tahun ini dinaikkan dari 30 ribu menjadi 40 ribu penerima.

Bidik Misi sendiri merupakan kesempatan khusus untuk mereka yang tergolong tidak mampu. Meskipun sifatnya hanya satu kali kesempatan, namun probabilitas diterimanya lebih tinggi ketimbang jalur umum.

Ketika siswa bersangkutan mendaftar dan verifikasi datanya sesuai, maka pemerintah akan menjamin siswa tersebut diterima.

“Kami buat jalur khusus untuk mereka yang ekonominya terbatas. Membandingkannya bukan berapa kali mereka mengikuti jalur umum, melainkan berapa probabilitas untuk diterima. Nilai kesempatannya jauh lebih tinggi,” cetusnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar