SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR

INFORMASI PENDIDIKAN: Hari Guru 2011

INFORMASI PENDIDIKAN: Hari Guru 2011: Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November, dan juga merupakan hari kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sebagaimana telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang kemudian dimantapkan melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Pada saat ini organisasi profesi guru bukan hanya PGRI saja tetapi juga ada Ikatan Guru Indonesia (IGI). Yang cukup memprihatinkan adalah diantara dua organisasi profesi ini mempunyai hubungan kurang harmonis menurut sudut pandang penulis. Dengan adanya hari guru tahun ini alangkah baiknya kalau menjadi momentum adanya kerja sama yang saling mendukung demi peningkatan pendidikan di tanah air.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Kepada seluruh guru di Inonesia diucapkan selamat ulang tahun yang ke-66 semoga pendidikan di Indonesia dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa yang selama ini sudah mulai terkikis. Dan perlu diningat bahwa maju mundurnya peradaban bangsa tergantung pada guru.

Artikel yang berkaitan

IGI
Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar