SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR SELAMAT DATANG DIBLOGGER SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Pencetakan Soal UN 2012 Diurus Pusat


JAKARTA-PELITAKARAWANG.COM-.Proses pencetakan dan penggadaan soal Ujian Nasional (UN) 2012 tidak lagi dilakukan di masing-masing propinsi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan, pencetakan dan penggandaan akan dikelola Kemdikbud yang kemudian akan dibagi ke beberapa zonasi regional.

Nuh mengatakan, cara ini untuk memudahkan pengawasan proses pencetakan soal UN. “Penggadannya jelas beda dengan tahun lalu. Kalau dulu, dilakukan oleh masing-masing propinsi dengan melakukan tender. Tahun ini semua penggadaan akan dipusatkan. Kalau tahun lalu ada 30 percetakan, sekarang mungkin tidak lebih dari tiga percetakan saja,” ungkap Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (30/11).

Dikatakan, dengan hanya menggunakan tiga buah percetakan, dipastikan tingkat pengawasannya akan lebih mantap. Bahkan, pemerintah juga akan tetap menggunakan security printing, di mana akan mencantumkan kode rahasia. Sehingga, panitia pelaksanaan UN dapat mengetahui soal tersebut dibuat di percetakan yang mana.

Dijelaskan, meski pengelolaan dipusatkan, namun pencetakan soal tidak harus di Jakarta. “Secara teknis, mungkin akan dibagi ke dalam beberapa wilayah regional. Yakni Barat, Tengah dan Timur. Misalnya, soal UN untuk area pulau Jawa dan Sumatera akan dicetak di Jawa Tengah. Jadi tidak harus berada di Jakarta semua. Semuanya tetap akan melalui tender,” ujarnya.

UN yang dijadwalkan akan berlangsung mulai 16 April 2012 mendatang tersebut, juga akan tetap menggunakan lima jenis atau tipe soal. Jadi, lanjut Nuh, di dalam kelas yang hanya terdiri 20 siswa akan dibagikan soal secara acak sehingga mereka tidak bisa menebak akan mendapatkan soal jenis A, B, C, D, atau E. “Soal di dalam satu ruang ujian harus ada bermacam-macam jenis. Ada lima jenis soal. Sistem itu tidak akan diubah,” tukasnya.(JPPN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar